Rabu, 01 Juli 2015

UAS MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2014 / 2015
MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
DOSEN M.BUDIANTARA,SE,M.Si,Ak,CA

Hotel Budi bekerjasama dengan jasa Traveloka untuk mengembangkan usaha dengan melakukan penjualan secara online. Sistem penjualan tersebut diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan kamar hotel.

Dengan adanya kerjasama antara Hotel Budi dan Traveloka dalam penjualan system online maka pihak manajemen hotel akan melakukan perubahan standar operasional dan prosedur khususnya dalam hal pemesanan dan pembayaran. Dimana kedepannya pihak hotel akan menerima pemesanan kamar hotel secara online dan juga disertai pembayaran secara online maupun menggunakan kartu kredit. Pihak manajemen hotel menyusun sistem pemesanan, penjualan, dan pembayaran untuk mengakomodasi kerjasama dengan pihak Traveloka.

a)      BAGIAN PROMOSI ( Flowchat 1)

a.      Pada bagian promosi, strategi penjualan menerapkan 2 jalur promosi penjualan yaitu offline maupun online. Promosi secara offline tetap dilakukan, namun saat ini perusahaan lebih fokus pada sistem promosi penjualan secara online yang bekerja sama dengan Traveloka.


b.      Bagian promosi memberikan informasi tentang jumlah kamar yang tersedia, tipe kamar, harga kamar, dan sebagainya. Informasi ini digunakan sebagai acuan dalam proses verifikasi setiap pemesanan kamar hotel baik offline (langsung) maupun online melalui Traveloka.




b)      TRAVELOKA (Flowchart 2)

Prosedur pemesanan kamar hotel melalui Traveloka adalah sebagai berikut :
a)      Cari Hotel
Calon konsumen memulai pencarian halaman muka hotel Traveloka.com dengan memasukkan destinasi dan data menginap.

b)      Pilih hotel
Di halaman hasil pencarian, calon konsumen bisa langsung memilih hotel yang dikehendaki, jenis kamar, dst. Dihalaman ini bisa dilihat info detail tentang kamar hotel.

c)      Pesan Hotel
Setelah menemukan hotel, calon konsumen dapat memilih jenis kamar yang tersedia dan menentukan jumlah kamar yang ingin dipesan.

d)      Isi data pemesan dan tamu hotel
Selanjutnya isi data pemesan yang dapat dihubungi dan data tamu yang akan menginap. Setelahnya, review kembali data di halaman review. Setelah memastikan data sudah benar, dilanjutkan ke halaman pembayaran.

e)      Lakukan Pembayaran
Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan pembayaran dilakukan sebelum batas waktu habis.
Setelah dilunasinya pembayaran, maka pihak Traveloka akan menerbitkan kode pemesanan kamar yang disertai dengan:
§  Kode pemesanan
§  Nama pelanggan
§  Jumlah pemesanan
§  Detail pemesanan
§  Nama dan alamat agen traveloka




c) BAGIAN MARKETING (Flowchart 3)

Prosedur  dan kegiatan pada bagian ini meliputi :
1.      Bagian marketing menerima order online dari Traveloka
2.      Bagian markering mengisi kode pemesanan kamar dan menerbitkan faktur. Faktur dibuat rangkap dua, untuk diarsip dan diteruskan ke bagian keuangan





d) BAGIAN KEUANGAN (Flowchart 4)

Prosedur dan kegiatan pada bagian ini meliputi :
1.      Pihak Traveloka melalukan konfirmasi ke bagian keuangan Hotel Budi
2.      Faktur pemesanan kamar dicocokkan dengan identitas tamu
3.      Bagian keuangan meminta bukti transaksi pembayaran dengan kartu kredit
4.      Bukti transaksi pembayaran dengan kartu kredit dari konsumen dijadikan dasar pencatatan register kas





e) BAGIAN AKUNTANSI (Flowchart 5)

Prosedur dan kegiatan pada bagian ini meliputi :
1.     Bagian akuntansi menerima konfirmasi/ notifikasi pembayaran sewa kamar hotel dan bukti setor bank
2.      Bagian akuntansi mencocokkan penerimaan kas dari bukti-bukti transaksi tersebut
3.  Selanjutnya bagian akuntansi membuat jurnal penerimaan kas dan kartu/ daftar pengunjung.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar